Langsung ke konten utama

Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Untuk Keunggulan Kompetetif



Sumber gambar: (http://i1.wp.com/www.pengertianpakar.com/wp-content/uploads/2015/02/pengertian-teknologi-informasi.jpg?fit=1200%2C900)

Keunggulan kompetetif adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama. (wikipedia)

Keunggulan kompetetif juga diartikan sebagai kemampuan suatu organisasi untuk memformukasikan strategi yang menempatkan pada suatu posisi yang menguntungkan berkaitan dengan perusahaan lainnya. (pustakabakul.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-keunggulan-kompetetif.html)

Salah satu cara untuk meningkatkan keunggulan kompetetif adalah penggunaan teknologi. Contoh peran teknologi dalam peningkatan keunggulan kompetetif adalah dalam pemasaran produk yang kini dapat dilakukan melalui teknologi internet sehingga lebih mudah, produsen tidak selamanya harus ada di tempat untuk mempromosikan barangnya.

Tetapi, perlu diwaspadai juga. Bahwa tidak selamanya teknologi dapat memberikan dampak positif bagi produsen. Misalnya, jika terlalu sering menggunakan internet untuk promosi barang, bisa saja produk yang dimiliki akan kalah saing dengan produk yang promosinya di segala tempat.

Oleh karena itu, dibutuhkan sikap yang bijak dalam menggunakan teknologi. Ini supaya kita dapat memaksimalkan dampak positif yang akan kita terima dan meminimalisir dampak negatifnya. Kita harus mengerti apa dan bagaimana memposisikan teknologi untuk meningkatkan kunggulan kompetetif kita.

-Marta Lolyta-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksonometri, Setelah Sekian Lama...

Dulu, waktu kelas dua SMA, aku diajarin guruku buat gambar desain perspektif, salah satunya teknik gambar aksnonometri. Dan, beberapa waktu lalu, aku sempet bikin gambar aksonometri lagi... Masih gambar super sederhana sih, tapi kalau berkenan, mohon dikomentarin yaa...

[DRABBLE] : DON'T SICK AGAIN, YO...

[DRABBLE] : DON’T SICK AGAIN, YO… Pagi itu, saat upacara bendera, aku melihatnya yang tiba-tiba berlari. Semua mata menatap dirinya yang memucat. Ya ampun, dia kenapa? Aku pun memutuskan untuk mengikutinya. Dan ternyata, dia berlari ke arah toilet. Toilet cowok. Sesampai di toilet, aku bias mendengar suara orang muntah, yang kuyakini adalah dirinya. Sesekali terdengar batuk yang keras dan rintihan menahan rasa sakit. Aku harus masuk dan melihatnya. Aku sudah tidak peduli dengan status tempat ini yang bernama ‘toilet cowok’.

Abstrak~ (1/Juni/2013)

Gue ga tau ini apa, gue cuma kepengen buat ngepost sesuatu setelah sekiaaaaan lama gue ga post apapun di sini. Gue bingung sebenernya mau cerita apaan.  Ah iya, beberapa hari lalu, gue memulai jadi seorang Tata yang baru.Setelah gue ngelaluin sebuah kejadian yang bikin mata gue bener-bener terbuka untuk jadi Tata yang lebih konsistaen. Gue bakal berubah jadi Tata yang baru. Gue bakal jadi Tata yang selalu ngandelin Yesus di hidup gue. Gue bakal berubah jadi Tata yang ga lagi hanya mikirin diri gue sendiri. Gue bakal berubah jadi Tata yang ga lagi hanya bermain-main dalam hidup. Gue bakal serius sama hidup gue kali ini. Sama jalan yang gue pilih. Dan ga akan ada yang bisa ngehalangin itu, kecuali Tuhan ga ijinin gue.Dan gue, bakal berubah menjadi Tata yang jauh lebih kuat, yang ga bakal lemah karena liat orang